3 Komponen Penting Pembentuk GPS

3  Komponen Penting Pembentuk GPS

Teknologi terbaru saat ini telah menumbuhkan berbagai macam fitur-fitur canggih. Dengan adanya hal tersebut gaya hidup masyarakat sekarang juga akan semakin berubah Karena adanya teknologi terbaru. Salah satu teknologi yang saat ini berkembang yang banyak memberikan manfaat adalah GPS. GPS ini berhubungan dengan adanya sistem navigasi. GPS ini dapat membantu Anda menemukan berbagai tempat yang ingin dikunjungi atau sekedar menentukan arah dan mencari jalan. GPS yang merupakan singkatan dari Global Positioning System merupakan suatu sistem yang cara kerjanya menggunakan komponen satelit. Menggunakan GPS ini dapat menampilkan permukaan bumi secara mendetail. Kita dapat dengan mudah mencari tempat ataupun suatu lokasi tertentu. GPS embutuhkan komponen-komponen pendukung untuk menyusunnya. Komponen tersebut saling berkaitan satu dengan yang lainnya. Ada tiga penyusun penting dari GPS yaitu satelit, pengontrol, dan receiver.

Dan berikut merupakan penjelasan dari 3 komponen tersebut.

Satelit

  1. Satelit

Komponen yang pertama dari GPS yaitu satelit. Ini merupakan komponen utama dari pembentukan GPS. Dengan menggunakan satelit ini seluruh permukaan bumi dapat kita lihat dengan jelas. Sehingga GPS yang menggunakan komponen satelit ini bisa dengan jelas menampilkan seluruh gambar permukaan bumi. Kita dapat dengan jelas memantau posisi permukaan bumi dengan detail. Selain itu satelit ini bisa memancarkan sinyal. Sinyal tersebut kemudian dipancarkan ke beberapa pengontrol. Sehingga GPS ini dapat berfungsi dengan maksimal ketika digunakan. Semua data yang didapatkan satelit tersebut disimpan. Selanjutnya data-data tersebut akan disampaikan ke receiver untuk diolah. Sehingga GPS ini bisa memperlihatkan dengan detail semua permukaan bumi bahkan ketika ada perubahan.

  1. Pengontrol

Komponen yang selanjutnya yaitu pengontrol. Manfaat dari adanya pengontrol ini yaitu untuk memantau dari kondisi satelit sendiri. Satelit dapat dikendalikan dengan pengontrol ini. Pengontrolan secara berkala pada satelit harus dilakukan. Hal ini dimaksud dengan tujuan jika ada suatu data atau informasi haru yang didapatkan oleh satelit ini dapat segera diterima. Sehingga komponen pengontrol ini sangat penting. Karena berkaitan erat dengan pengendalian satelit serta pengumpulan data informasi dari satelit.

  1. Receiver

Komponen yang terakhir yaitu receiver. Setelah data didapatkan dari satelit dan diambil oleh pengontrol maka data tersebut kemudian di olah oleh receiver ini. Data dari satelit yang berupa suatu informasi letak posisi ataupun koordinat suatu wilayah kemudian akan diterjemahkan oleh receiver. Setelah diterjemahkan maka GPS kemudian dapat diakses oleh Anda. Salah satunya yaitu menggunakan smartphone. Dalam hal ini peran receiver tentulah sangat penting. Karena tanpa adanya receiver data yang diperoleh dari satelit tidak dapat diterjemahkan. Dan tentunya menjadi tidak dapat diakses oleh para pengguna GPS.

Itulah tiga komponen penting yang ada dan menyusun GPS. Tanpa adanya salah satu komponen tersebut maka GPS tidak dapat terbentuk. Karena satu dengan yang lainnya komponen tersebut saling berhubungan. Saat ini GPS banyak digunakan dalam kehidupan sehari-hari. Manfaatnya yang begitu banyak dan penting menjadi salah satu solusi untuk meringankan banyak pekerjaan ataupun aktivitas manusia.

komponen gps

Ada beberapa manfaat atau kegunaan GPS yang jarang diketahui oleh masyarakat umum. Contohnya adalah penggunaan GPS untuk petunjuk arah di lautan. Ketika Anda tersesat di lautan lepas tentu hal ini akan menjadi berbeda dengan tersesat di daratan. Tersesat di lautan terkesan sedikit lebih menegangkan. Karena kita tidak bisa menentukan jalan yang tepat. Hal ini dikarenakan semua arah bisa kita lalui. Ketika berada di lautan dengan mengambil arah secara sembarangan Anda bisa saja tersesat semakin jauh dari tujuan. Sehingga menggunakan GPS merupakan salah satu solusi tepat ketika sedang mencari arah  di lautan. Tentu hal inisangatlah praktis dan bermanfaat. Selain itu di bidang militer GPS juga sangat bermanfaat. Digunakan oleh para militer untuk mengetahui letak atau posisi dari musuh. Selain itu menggunakan GPS paramiliter juga bisa mengetahui pergerakan bom. Dengan manfaat penting seperti itu tentunya para militer dapat meminimalisirkan terjadinya kemungkinan yang serta merencanakan strategi yang tepat untuk kedepannya. Dengan manfaat itu saat ini teknologi dengan fitur seperti GPS ini sangat diperlukan dalam kehidupan nyata.