7 Cara Jitu Mengatasi Broadband Internet Yang Lemot Pada PC

7 Cara Jitu Mengatasi Broadband Internet Yang Lemot Pada PC

Internet di jaman sekarang ini sudah menjadi kebutuhan pokok bagi setiap orang, mungkin dulunya internet tidak setenar seperti ini yang mana bukan menjadi kebutuhan pokok sehari-hari namun hanya sebagai kebutuhan sekunder untuk beberapa orang. Bahkan dulunya internet hanya bisa akses oleh beberapa orang saja, dan kemungkinan yang memakai kebanyakan adalah orang perkotaan yang sering bekerja diruangan yang membutuhkan banyak internet. Internet pun belum bisa menjangkau orang-orang di desa semasa teknologi masih belum berkembang, karena internet juga akan ikut berkembang seiring dengan perkembangan teknologi. Dan sampailah sekarang pada jaman dimana internet mampu menjangkau beberapa area di pedesaan serta mampudiakses di waktu kapan saja dan dimana saja asalkan jaringan internet di area itu cukup kuat. Mungkin sekarang hidup tanpa internet itu seperti makan nasi tanpa lauk karena internet sangat dibutuhkan dalam berbagai hal. Karena banyaknya tuntutan kebutuhan yang membutuhkan internet dalam jangka waktu lama, maka perlu sekali untuk memasang jaringan internet yang kuat di rumah agar pekerjaan lebih cepat dan mudah diselesaikan dengan adanya jaringan internet yang kuat.

Kecepatan koneksiyang ada pada broadband internet menjadi penentu akankah internet akan bisa digunakan untuk berselancar secara lebih cepat atau tidak. Ketika kecepatan koneksi yang ada pada broadband internet lemot, maka bisa dipastikan ada beberapa masalah yang menggangu berjalannya jaringan internet pada PC. Lemotnya broadband internet menjadi sebuah hal yang sangat menggangu untuk pengguna yang mungkin sedang asyik-asyiknya berselancar. Untuk mengatasi masalah tersebut ada beberapa hal yang bisa dilakukan agar broadband internet yang ada pada PC tidak lemot, antara lain:

koneksi broadband internet

 

  1. Memeriksa dan Membersihkan Website Yang Pernah Dikunjungi

Sering kali kita jumpai adanya jaringan broadband internet yang lemot bukan karena faktor eksternal melainkan dari faktor internal seperti banyaknya cache, cookies, dan history yang telah lama menumpuk dan tidak pernah dibersihkan. Untuk itulah perlu sekali untuk membersihkan hal yang mampu mengurangi kecepatan internet dengan melakukan pengecekan seminggu sekali apakah sampah seperti cache, cookies, dan history sudah terlalu menumpuk atau tidak.

  1. Jangan Membuka Tabs Terlalu Banyak Saat Berselancar

Banyaknya tabs yang dibuka ketika berselancar menjadi salah satu penyeban kenapa broadband internet menjadi lemot pada PC. Di beberap kasus yang banyak ditemui tabs yang dibuka biasanya berjumlah minimal setidaknya lima yang akan membuat broadband internet menjadi lemot dan bahkan kemungkinan PC pun juga akan ikut lemot dengan adanya banyak tabs yang tidak segera dihilangkan ketika selesai berselancar di internet. Akan lebih baik untuk mencegah masalah kelemotan seperti ini dengan menutup tabs yang sudah selesai digunakan untuk berselancar.

  1. Pertimbangan Untuk Menambah Add-Ons Pada Browser

Add-ons menjadi salah satu cara yang bagus untuk mempercepat jaringan broadband internet, yaitu dengan menambahkannya pada browser. Namun, perlu diingat bahwa menambahkan add-ons hanya untuk membuat tampilan keren saja terkadang malah rawan crash dan error. Jadi perlu dipertimbangkan lagi penggunaan add-ons untuk browser haruslah untuk kepentingan mempercepat jaringan internet dan bukan untuk bergaya saja.

  1. Memperhatikan Modem Apakah Terlalu Panas Atau Tidak

Cara ini menjadi sangat penting apabila menggunakan jaringan broadband internet lewat modem, karena dengan adanya pengecekan apakah modem panas atau tidak mampu membuat koneksi internet pada PC menjadi cepat dan tidak lemot. Disarankan agar modem tidak terlalu panas ketika digunakan untuk berselancar di internet. Karena penggunaan modem dalam jangka waktu lama akan menjadi panasa dan secara otomatis akan membuat kinerja modem tersebut menjadi menurun. Untuk menghindari modem yang panas baiknya mematikan PC yang digunakan serta melepas modem dari PC. Setelah itu, modem pun siap digunakan setelah beberapa saat didiamkan.

  1. Mengupdate Anti-Virus Yang Baru

Untuk mempercepat jaringan broadband internet bisa dilakukan dengan mengganti anti-virus yang lama dengan anti-virus yang baru. Ketika anti-virus yang ada pada PC sudah diupdate dengan yang baru maka akan memudahkan kinerja PC dalam menahan serangan virus yang datag secara tiba-tiba lewat website yang pernah dikunjungi. Oleh karena itu, sangat perlu untuk mengupdate anti-virus yang ada pada PC agar jaringan broadband internet tidak lemot.

  1. Menelfon Layanan Internet Langganan

Cara selanjutnya untuk mempercepat jaringan broadband internet adalah dengan menelfon layanan internet langganan. Karena terkadang jaringan broadband internet yang lemot bisa berasal dari penyedia layanan tersebut. Pastikan jaringan broadband internet tidak menjadi lemot karena buruknya layanan internet langganan yang kita gunakan serta mengecek apakah paketan untuk internet sudah terisi atau belum.

  1. Memperhatikan Ketinggian Router Wi-Fi

Pentingnya peletakan posisi router menjadi salah satu kunci utama dalam mendapatkan jaringan broadband internet yang cepat. Ketika kita berselancar dekat dengan posisi router, maka bisa dipastikan jaringan yang kita dapatkan sangat lancar dan sebaliknya jika kita berada jauh pada posisi router maka jaringan yang kita dapatkan akan sangat lemah dan lemot.

Beberapa cara diatas mampu mengatasi jaringan internet broadband yang lemot pada PC, dan pastikan untuk mencoba seluruh cara diatas ketika salah satu cara di atas tidak berhasil untuk mengatasi jaringan yang lemot.