Cara Mudah Memasang Wifi di Rumah

Cara Mudah Memasang Wifi di Rumah

 Pengunaan internet di berbagai daerah sudah menjadi bagian dari kegiatan sehari-hari. Misalnya seperti kegiatan komunikasi online yangs sering dilakukan melalui media tertentu yang menggunakan internet sebagai media perantara serta pembelajaran via online yang telah dilakukan oleh banyak sekolah ataupun universitas untuk mengajar.

Karena majunya teknologi di jaman ini, maka mau tak mau orang juga harus mengikuti trend teknologi terkini supaya tidak ketinggalan. Karena banyaknya aktivitas yang dilakukan secara online lewat media sosial maupun portal pendidikan, maka pemasangan internet di rumah merupakan sebuah keharusan yang perlu dilakukan oleh si pengguna rumah.

Dengan memasang Wi-Fi di rumah, segala aktivitas online yang sering dilakukan oleh anggota keluarga akan tercukup dan tidak memiliki hambatan dalam pengaksesan internet, terutama ketika hujan deras yang datang setiap hari membuat sinyal internet menjadi ngadat apabali menggunakan paketan internet pada umumnya. Oleh, karena itu pemasangan internet di rumah akan menjadi solusi terbaik untuk tetap bisa melakukan aktivitas online secara bebas dan murah. Di bawah ini ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk memasang wifi di rumah;

modem wifi

  1. Menggunakan Modem Wi-Fi (Modem MiFi)

Untuk memasang wifi di rumah paling mudah adalah membeli modem MiFi. Salah satu modem Mifi yang cukup bagus adalah dari produk Smartfren. Modem MiFi dari Smartfren sangat bagus karena memilki jaringan 4G, dan menghasilkan sinyal internet yang cepet dibandingkan modem 3G GSM yang sudah ketinggalan jaman. Mungkin kamu bisa mengganti modem jadul mu dengan modem terbaru 4G yang memiliki jaringan internet lebih cepat. Untuk biaya yang dikenakan tidaklah terlalu mahal, karena Smartfren memilki harga yang cukup sangat murah dan terjangkau bagi banyak kalangan. Smartfren memiliki kekurangan seperti tidak adanya paketan unlimited untuk di pasang di rumah karena hanya menyediakan paket internet untuk harian, mingguna, dan bulanan. Yang jelas biaya akan sesuai dengan banyaknya kuota yang dipakai untuk kebutuhan. Modem Smartfren ini bahkan bisa dibawa kemanapun karena memiki bentuk yang sangat praktis untuk dibawa. Ketahanan yang dimilki bisa sampai 20 jam dan bisa digunakan oleh 32 user sekaligus.

usb router

  1. Menggunakan Router USB

Cara yang kedua adalah dengan menggunakan router USB. Router USB memilki cara kerja yang hampir mirip dengan MiFi Smartfren. Yang membedakan adalah Router USB menggunakan semua jenis operator seluler serta membagikan koneksi internet ke seluruh perangkat yang ada di rumah. Ada beberapa jenis Router USB yang bisa dipilih pengguna antara lain adalah TP-LINK TL-MR3420, Tenda U1 Utral-Fast, Tenda N301, dan masih banyak lagi. Pastikan modem USB yang digunakan memiki jaringan 3G dan 4G agar bisa digunakan di perangkat manapun.

  1. Memasang Paketan WI-FI

Langkah yang ketiga adalah dengan memilki layanan internet seperti Indihome, Biznet, My Republic, ataupun Wifi.id. Cara ini merupakan yang termudah karena kita bisa meminta pihak sana untuk memasang Wi-Fi di rumah kita tanpa mengeluarkan tenaga sama sekali. Yang perlu dilakukan hanyalah mendaftar di website resmi paket layanan dan mengisi form pendaftaran yang telah disediakan.

tower wifi

  1. Menggunakan Tower Internet

Cara yang terakhir ini merupakan pemasangan WI-Fi di rumah yang yang menggunakan Fiber Optic. Penggunaan tower internet ini juga sangat bagus diaplikasikan untuk daerah yang sulit dijangkaumdengan jaringan internet. Biasanya sering dijumpai di lokasi pegunungan serta lingkungan bangunan besar yang ingin memiliki akses poin internet di area tertentu. Untuk bisa menggunakan tower internet bisa dengan melalui provider CitraNet ataupun dari provider yang lain yang memilki pelayanan serupa. Biaya yang akan dikenakan untuk penggunaan tower internet kemungkinan akan sangat mahal dan lebih dari paketan rumahan yang ada. Walaupun harga penggunaan tower internet bisa berkali lipat tapi setidaknya bisa menjadi cara terbaik untuk mengatasi akses internet di daerah pedesaan yang terpencil dan tidak terjangkau sinyal internet pada umumnya.

Cara diatas sangatlah mudah untuk dilakukan bagi pengguna yang ingin memasang Wi-Fi di rumah. Mungkin cara yang ketiga adalah yang paling mudah dari keempat cara lainnya. Akan lebih baik bila sebelum memasang W-FI melalui banyak pertimbangan dari anggota keluarga di rumah.