Inilah Konsep Sistem Komunikasi yang Pernah Digunakan Indonesia

Inilah Konsep Sistem Komunikasi yang Pernah Digunakan Indonesia

Komunikasi merupakan salah satu hal yang sangat penting dalam kehidupan manusia. Komunikasi sendiri memliki peran sebagai alat untuk menyampaikan pesan dari manusia yang satu ke manusia lainnya. Komunikasi tentu saja dapat dilakukan tanpa adanya batasan yang terhalang ruang dan juga waktu. Hal tersebut dikarenakan kini sudah banyak sekali alat komunikasi yang menunjang proses terjadinya komunikasi menjadi lebih mudah dan juga cepat. Kehadiran alat komunikasi yang semakin canggih juga kini semakin membuat yang jauh menjadi terasa lebih dekat. Oleh sebab itu kini proses komunikasi dapat dilakukan dengan cara yang praktis dan tentunya mudah untuk dilakukan.

Selain itu dengan adanya berbagai perkembangan teknologi yang semakin pesat inipun dapat memberikan efek yang baik dalam memudahkan proses komunikasi yang terjadi di kalangan masyarakat secara umum. Artikel kali ini akan membahas konsep sistem komunikasi yang pernah digunakan oleh Indonesia. Oleh sebab itu anda harus mengetahui informasi seputar sistem komunikasi yang pernah berkembang di Indonesia. Indonesia sendiri merupakan salah satu negara yang memiliki banyak budaya karena terdiri dari berbagai suku, ras, dan juga etnis yang berbeda-beda. Karena merupakan negara yang multi-culture, Indonesia tentu harus memiliki sistem komunikasi yang bertujuan untuk mempersatukan bangsa meskipun berbeda-beda.

Sistem komunikasi yang ada di Indonesia ini sangat berdampak pada lingkungan sosial dan juga budaya yang berkembang. Sistem komunikasi yang dianut oleh Indonesia harus berbeda dengan negara lain karena sistem komunikasi di negara ini harus bisa membentuk keragaman yang berkembang menjadi sebuah kesatuan yang harmonis. Pengertian sistem komunikasi Indonesia sendiri adalah sebuah tatanan kerja yang dapat membentuk totalitas dalam sebuah interaksi manusia lewat informasi yang disampaikan dengan bebas namun tetap bertanggung jawab. Sistem komunikasi di Indonesia ini sangat erat hubungannya dengan ideology negara. Selain itu sistem komunikasi juga erat kaitannya dengan sistem nilai dan norma yang berlaku di idnonesia.

sistem komunikasi Indonesia

Selain itu sistem komunikasi di Indonesia ini juga lebih merujuk terhadap sistem komunikasi yang dimiliki oleh pers sebagai penyampai informasi yang bebas dan juga bertanggung jawab. Hal ini juga erat hubungannya dengan sistem komunikasi dan sistem politik yang berkembang di negara ini. berikut ini adalah beberapa jenis konsep yang pernah digunakan dalam sistem komunikasi Indonesia yang wajib anda ketahui:

  1. otoriter

Otoriter merupakan sebuah konsep yang dikendalikan penuh oleh pemerintah. Dalam hal ini pemerintah memiliki kendali yang penuh terhadap semua informasi yang disampaikan oleh pers. Konsep otoriter ini menjadikan pemerintah sebagai pengawas yang memiliki kekuasaan yang mutlak terhadap persebaran informasi di kalangan masyarakat Indonesia. Konsep ini berkembang pada masa orde baru dan dianggap sebagai masa pengekangan terhadap perkembangan pers di Indonesia. Selain pers masyarakat umum pun tidak bisa memberikan atau menyuarakan pendapatnya secara bebas karena diawasi oleh pemerintah.

  1. Liberal

Liberal merupakan salah satu konsem yang merupakan sistem komunikasi Indonesia ini beranggapan bahwa pers Indonesia memiliki kebebasan penuh untuk membagikan atau memperoleh berbagai informasi yag disampaikan lewat media massa secara luas. Konsep yang satu ini digunakan pada tahun 1950an. Di masa ini pers tidak hanya berfungsi untuk menyampaikan informasi terkait dengan kenegaraan saja akan tetapi juga sering kali menyuarakan visi dan misi yang dimiliki oleh partai politik dan ikut terlibat dalam sistem politik.

  1. Tanggung jawab sosial

Saat ini Indonesia menganut sistem komunikasi tanggung jawab sosial. Awalnya konsep yang satu ini muncul lantaran pemerintah mulai khawatir dengan konsep liberal yang semakin bebas dan semakin sulit untuk dikendalikan. Sekingga membuat sistem komunikasi Indonesia mengalami kemunduran terhadap nilai dan moral yang dimiliki oleh bangsa dan negara. Oleh sebab itu pemerintah mulai mendukung gerakan liberal yang didukung dengan sebuah konsep tanggung jawab dalam sistem komunikasi Indonesia. Sehingga semua orang bisa mempertanggungjawabkan apa yang telah mereka lakukan. Saat ini Indonesia masih berpegang tegup pada konsep ini. hal tersebut dikarenakan konsep yang satu ini memiliki fungsi untuk membangun masyarakat yang bebas tapi tetap bertanggung jawab.