Inilah Proses Sistem Komunikasi Pada Ponsel

Inilah Proses Sistem Komunikasi Pada Ponsel

Ponsel bisa dikatakan kebutuhan primer bagi siapa saja. Bahkan setiap orang memakai alat yang satu ini untuk berbagai keperluan. Walaupun fungsi utamanya tetap sebagai sarana komunikasi. Jadi tua, muda sekarang punya ponsel. Bahkan dari sisi harga saja sangat terjangkau. Maklum saja berbagai merk menghadirkan banyak tipe. Mulai dari sasaran konsumen high end sampai low end. Soal harga jangan ditanya lagi, setiap produsen memberandol harga masing-masing. Ketika Anda mengetahui ponsel A dengan spesifikasi hampir sama ponsel B. Namun mempunyai harga relatif terjangkau dari ponsel B. Itu sudah termasuk wajar.

ponsel

Daya guna ponsel untuk menunjang aktivitas sehari-hari memang tidak diragukan lagi. Jauhnya jarak bukanlah penghalang untuk merekatkan hubungan bisnis, persaudaraan dan pertemanan. Justru semakin dekat tanpa ada batasan apapun. Keunggulan yang dimiliki oleh ponsel tentu tidak terjadi begitu saja. Namun ada suatu sistem saling terhubung satu sama lain. Sehingga membentuk suatu proses tertentu sampai tujuan komunikasi sesungguhnya itu tercapai. Ketika proses berjalan ada beberapa tahapan yang biasanya dilalui oleh suatu ponsel.  Apa sajakah itu? berikut ini penjelasannya.

  •  Penerimaan Panggilan

Fungsi utama ponsel sebagai media untuk menerima panggilan. Ketika ada panggilan, ponsel mengeluarkan suatu frekuensi tertentu. Frekuensi ini dipakai untuk menghubungkan ke BTS paling dekat dari lokasi ponsel berada. Setiap ponsel mempunyai provider. Nah, melalui provider inilah mereka akan melakukan pemindaian. Mereka memilih BTS yang sekiranya punya kekuatan sinyal paling bagus. Kalau sudah menemukan BTS itu, maka panggilan bisa segera diteruskan.

  • Sinyal Diterima

Ketika BTS yang sesuai untuk menangkap sinyal telah terdeteksi. Secara otomatis akan ada proses verifikasi di dalamnya. Verifikasi itu bertujuan untuk mengetahui apakah ponsel itu termasuk pengguna valid. Setelah verifikasi berhasil dilakukan BTS akan melanjutkan pencarian terhadap suatu kanal. Kanal ini difungsikan sebagai media untuk meneruskan panggilan. Itulah proses dari penerimaan sinyal. Meskipun terlihat sederhana, ketika saat verifikasi terjadi masalah, tetap tidak bisa lancar prosesnya.

  • Sinyal Dilanjutkan

Sinyal yang diterima dari suatu BTS akan diproses. Proses tersebut meliputi pemindaian dari suatu nomor. Saat berhasil dilakukan pemindaian, maka verifikasi kembali diadakan. Verifikasi dilakukan untuk mengetahui apakah nomor ponsel mampu menerima seluruh pesan suara. Setelah mengetahui secara detail. BTS yang mempunyai jarak paling dekat dipindai. Pada akhirnya ponsel mampu menerima panggilan.

  • Panggilan Diterima

Ketiga proses sebelumnya akhirnya mampu terlewati. Panggilan segera diterima pada ponsel yang dimaksud. Meskipun prosesnya terlihat rumit, tetapi semua itu hanya terjadi dalam waktu singkat. Dengan kata lain cukup selama beberapa detik saja. Hal tersebut karena kinerja dari provider untuk menyediakan BTS serta jaringan dipantau secara intensif. Sehingga komunikasi jadi bebas hambatan.

Salah satu provider yang sampai sekarang menjaga komitmen untuk kelancaran komunikasi adalah Telkomsel. Adanya dukungan memadai berupa BTS yang berjumlah 13.000 tersebar merata di seluruh tanah air. Sehingga aktivitas komunikasi berjalan lancar. Selain itu pihak Telkomsel juga menyediakan Integrated Operation Center (IOC) yang  berada di Jakarta.  IOC ternyata mempunyai tiga jenis fungsi operasi yakni: IT Operation center, network Operation center serta customer care command center. Di atas 150 karyawan diterjunkan guna mengawasi pergerakan trafik dari layanan suara, SMS, serta data IOC.

Semua itu dilakukan supaya customer experience selalu terjaga dengan baik. Selain itu hasil pemantauan juga berpengaruh untuk pengoptimalan penanganan berbagai masalah yang ada di lapangan. Sebagai contoh network Operation center. Bagian ini berperan dalam pengawasan jaringan komunikasi, perawatan serta perbaikan tanpa datang langsung ke lokasi tersedianya infrastruktur. Bahkan catatan terkait berbagai kejadian jaringan di lapangan juga dilaporkan. Yang terakhir berupa fungsi pengukuran tentang kerja BTS.

Langkah yang dilakukan oleh provider di atas sebagai upaya untuk menjaga stabilitas jaringan. Layanan tersebut difungsikan untuk membuat tetap aman ketika lonjakan traffic terjadi. Kejadian tersebut biasanya muncul saat hari raya keagamaan dan pergantian tahun. Dengan begitu saat dua jenis momen tersebut tiba.  Proses komunikasi berjalan lancar tiada gangguan sedikitpun. Itulah dunia komunikasi digital yang penuh dengan kecanggihan dan kepraktisan. Semua elemen pendukung tetap melakukan pengawasan intensif.