Menjadi yang Terlemot di Asia Tenggara, Kecepatan Internet Indonesia Masih Ketinggal

Menjadi yang Terlemot di Asia Tenggara, Kecepatan Internet Indonesia Masih Ketinggal

Indonesia tetap ada pada posisi terikuth dalam perincian kecepatan mobile internet negara di Asia Tenggara. Ini berdasar laporan Speedtest Global Indeks yang di-launching pada Maret 2023.

Berdasar laporan itu, rerata kecepatan internet mobile di Indonesia cuma capai 21,35 Mbps. Angka ini jauh di bawah beberapa negara tetangga seperti Brunei, Singapura, Malaysia, Vietnam, Thailand, Laos, Filipina, Myanmar, dan Kamboja.

Ketua Umum Federasi Pelaksana Jasa Internet Indonesia (APJII) Muhammad Bijak mengaku jika kecepatan internet Indonesia masih kalah dari beberapa negara lain di Asia Tenggara. Tetapi, ia menjelaskan jika kecepatan internet Indonesia sebetulnya telah alami kenaikan, khususnya untuk internet mobile.

Bijak menerangkan jika ada banyak faktor sebagai masalah dalam peningkatan infrastruktur koneksi internet di Indonesia.

Satu diantaranya ialah keadaan geografis Indonesia yang terbagi dalam beberapa ribu pulau dan wilayah terasing yang susah dicapai oleh jaringan fiber optik.

Disamping itu, Bijak menyebutkan ongkos penggelaran jaringan di wilayah perkotaan yang lebih tinggi karena ada komersilisasi oleh pemda. Ia menambah jika peraturan yang terdapat sering jadi penghalang pada proses hal pemberian izin dan birokrasi.

mobile internet

Faktor yang lain ialah tersedianya listrik yang tidak konstan, terutama di beberapa daerah terasing.

Bijak menjelaskan jika hal ini punya pengaruh pada kualitas koneksi internet. Jaringan telekomunikasi membutuhkan suplai listrik yang konstan agar bisa bekerja secara baik.

Dalam pada itu, Direktur Eksekutif Indonesia ICT Institute Heru Sutadi memandang jika infrastruktur telekomunikasi dan internet di Indonesia masih rendah. Ia menjelaskan jika belum semua daerah di Indonesia tercover oleh internet broadband dan tehnologi yang memberi dukungan.

Heru menjelaskan jika untuk tingkatkan kecepatan internet Indonesia, dibutuhkan bekerja sama di antara pemerintahan, penyuplai service internet, dan warga. Ia menginginkan ada pengembangan dan investasi dalam peningkatan infrastruktur koneksi internet di Indonesia.

Daftar kecepatan internet negara Asia Tenggara
Berikut ialah daftar rangking kecepatan internet mobile paling cepat di Asia Tenggara pada Februari 2023:

Brunei 78,09 Mbps (rangking 20),
Singapura 76,48 Mbps (rangking 22),
Malaysia 47,72 Mbps (rangking 45),
Vietnam 43,32 Mbps (rangking 51),
Thailand 40,80 Mbps (rangking 53),
Laos 29,97 Mbps (rangking 72),
Filipina 25,63 Mbps (rangking 79),
Myanmar 24,25 Mbps (rangking 88),
Kamboja 22,55 Mbps (rangking 94),
Indonesia 21,35 Mbps (rangking 101).