Sistem Komunikasi yang Terjadi di Dunia Pekerjaan

Sistem Komunikasi yang Terjadi di Dunia Pekerjaan

Komunikasi merupakan salah satu hal yang mendasar tapi memiliki dampak yang sangat besar dalam kehidupan manusia. Setiap berlangsungnya proses komunikasi itu memiliki tujuan dan keperluan yang berbeda-beda.  Komunikasi sendiri merupakan sebuah proses untuk menyampaikan pesan, informasi, gagasan, ataupun perasaan yang dimiliki oleh seseorang terhadap orang lain. Komunikasi ini sangat penting dalam kehidupan manusia. Komunikasi harus berlangsung jika adanya komunikator, pesan, dan komunikan. Jika unsur tersebut kosong, maka komunikasi tidak akan bisa berlangsung. Cara penyampaian komunikasi pun bisa dilakukan denga dua cara.

Yang pertama adalah komunikasi secara lisan, yang termasuk pada bentuk komunikasi verbal yang dilakukan oleh seseorang dengan menggunakan kata-kata yang diucapkan olehnya seperti dialog yang dilakukan secara langsung. Komunikasi lisan  juga biasa disebut dengan komunikasi langsung yang dilakukan secara tatap muka. Sedangkan yang kedua adalah komunikasi yang dilakukan secara tertulis yang prosesnya dilakuka dengan cara non-verbal atau tulisan seperti dalam halnya surat menyurat. Komunikasi tertulis ini biasa disebut dengan komunikasi tidak langsung yang dilakukan dengan menggunakan bantuan alat komunikasi.

komunikasi tim kerja

Komunikasi sendiri bisa dilakukan pada perseorangan yang terjadi secara individu antarpersonal yang membahas semua permasalahan pribadi. Selain itu komunikasi juga bisa dilakukan dalam kelompok yang berlangsung dihadapan sebuah kelompok yang terdiri dari beberapa orang mengenai permasasalahan yang terjadi di sekitar kepentingan kelompok tersebut. Selain bermanfaat dalam membantu kehidupan sehari-hari, komunikasi yang dilakukan oleh seseorang juga dapat bermanfaat untuk menunjang kehidupan di dunia kerja yang tentunya merupakan hal yang sangat positif mengingat kehidupan di dunia kerja sangatlah penting.

Dengan melakukan komunikasi yang efektif, seseorang bisa melakukan berbagai koordinasi dengan baik sehingga sumber daya manusia yang ada di dalam sebuat perusahaan bisa semakin produktif dalam bekerja. Tentunya hal ini juga akan meningkatkan produktivitas yang dimiliki oleh seseorang dan membuatnya memiliki hubungan yang sangat baik dengan perusahaan. Dengan banyaknya ragam bahasa dan juga budaya yang berkembang di dunia kerja, komunikasi yang baik sangatlah dibutuhkan untuk saling memahami karakter yang dimiliki oleh setiap pekerja. Sehingga akan membuat para pegawai menjadi saling menghargai terhadap berbagai perbedaan yang ada dan membuat suasana kerja pun menjadi nyaman.

Komunikasi yang terjadi di dunia kerja juga berfungsi untuk menerapkan berbagai peraturan yang dimiliki oleh perusahaan. Setiap perusahaan pastinya akan memiliki berbagai aturan yang harus dipatuhi olehh pegawainya demi mencapai tujuan bersama. Tentunya dengan komunikasi yang efektif pencapaian tujuan bersama itu akan semakin mudah untuk digapai. Pimpinan perusahaan harus menyampaikan berbagai aturan yang berlaku di perusahaan dengan menggunakan proses komunikasi yang baik sehingga para pegawai pun akan mentaatinya dengan baik pula.

komunikasi dunia kerja

Jika komunikasi yang ada di perusahaan tidak berjalan dengan efektif maka konflik pun bisa terjadi. Oleh sebab itu untuk menyelesaikan masalah yang terjadi cara pertama yang harus dilakukan adalah dengan berkomunikasi terlebih dahulu dengan pihak-pihak yang bersangkutan. Lakukanlah rapat untuk menyelesaikan konflik yang terjadi. Karena komunikasi merupakan salah satu sarana yang penting untuk dapat memecahkan suatu masalah yang terjadi. Jika tidak dikomunikasikan dengan baik dan benar maka konflik akan terus berkembang dan semakin besar. Tentunya hal ini akan merugikan banyak pihak yang terlibat dengan konflik tersebut. Oleh sebab itu cara terbaik menyelesaikan konflik yang paling mudah adalah dengan cara berkomunikasi.

Selain itu dampak yang dimiliki oleh komunikasi dalam kehidupan dunia kerja lainnya adalah dapat memudahkan seseorang untuk mengambil sebuah keputusan. Dalam perusahaan keputusan harus dilakukan dengan persetujuan bersama agar mencegah terjadinya konflik di tengah-tengah perusahaan. Oleh sebab itu sebelum mengambil keputusan seorang pemimpin harus bisa mengkomunikasikan segala sesuatu yang bersangkutan dengan perusahaan. Banyak konflik yang terjadi di persuahaan karena pemimpin perusahaan tidak memanfaatkan komunikasi yang baik sehingga memunculkan konflik. Konflik ini terjadi karena adanya rasa tidak setuju dengan keputusan yang diambil oleh pimpinan perusahaan. Oleh sebab itu untuk meminimalisir terjadinya konflik ada baiknya untuk mensosialisasikan berbagai kebijakan dan keputusan terlebih dahulu kepada anggota perusahaan secara menyeluruh.