Tips Terbaik Untuk Memperkuat Sinyal Wi-Fi

Tips Terbaik Untuk Memperkuat Sinyal Wi-Fi

Wi-Fi yang lemah merupakan suatu gangguan yang sangat menjengkelkan bagi banyak orang. Sinyal Wi-Fi yang lemah membuat segala pekerjaan atau pun aktivitas online yang sedang kita lakukan menjadi berantakan dan kacau. Yang menyedihkan lagi adalah ketika kita sedang streaming atau online di platform pembelajaran tertentu yang mengharuskan sinyal Wi-Fi kuat namun, sinyal yang kita malah sebaliknya. Tentunya ini akan menjadi sebuah permasalahan yang serius bagi orang yang memiliki urusan penting di aktivitas onlinenya. Namun, masalah permasalahan seperti sinyal Wi-Fi yang lemah sudah sangat normal bagi banyak orang. Jangan khawatir, jika kamu menemukan sinyal Wi-Fi di rumah sangat lemah dan terputus-putus. Berikut ini ada beberapa tips untuk memperkuat sinyal Wi-Fi;

perkuat sinyal wifi

  1. Memindah Lokasi dan Posisi Router yang Pas

Router terkadang menjadi salah satu penyebab kenapa sinyal Wi-Fi menjadi lemah dan terputus-putus. Apalagi ketika terkadang kita menaruh router di tempat yang salah dan mengakibatkan router menjadi tidak bekerja secara optimal. Pastikan untuk menaruh router di tempat yang terbuka dan mudah terjangkau di semua tempat, serta jangan ditaruh di tempat yang tertutup dan tersembunyi. Ada baiknya router berada di tengah rumah dan di tempat tinggi agar bisa memancarkan sinyal seluruh area rumah. Posisikan router antenna router secara tegak lurus agar penguat sinyal Wi-Fi bisa berjalan dengan baik.

  1. Menggunakan Router Berteknologi Baru

Penggunaan router berteknologi menjadi cara yang ampuh untuk memperkuat sinyal Wi-Fi. Untuk mengetahui apakah router yang digunakan teknologi paling terbaru adalah dengan melakukan pengecekan yang ada di router. Beberapa router memiliki tipe seperti tipe A, B, G, dan N, dan AC.A/B/G/N/AC. Dan jika ada tulisan “ac” di router maka bisa dipastikan bahwa tersebut memiliki teknologi paling baru. Dengan melihat tulisan yang ada di router kita menemukan informasi dari tipe router yang kita miliki dan jika router yang kita pakai merupakan tipe lama, maka kita bisa menggantinya dengan router yang baru.

  1. Mengontrol Bandwith

Dengan mengontrol bandwith kita bisa mencegah sinyal Wi-Fi menjadi lemah. Biasanya sinyal Wi-Fi menjadi lemah karena adanya orang yang menggunakan jaringan Wi-Fi untuk mengakses game online atau platform yang memerlukan sinyal kuat, serta memonton video online dari iflix ataupun streaming online, mendownload film dengan data yang sangat besar. Aktivast seperti ini akan menyedot bandwith dengan jumlah yang amat banyak dan membuat pengguna internet lain kewalahan dengan sinyal yang lemah. Mungkin ada baiknya membatasi penggunaan aktivas yang membuat sinyal Wi-Fi menjadi lemah. Hal ini juga bisa diatasi dengan menggunakan Quality of Service yang berguna untuk dalam menentukan aplikasi yang diprioritaskan dan aplikasi yang tidak diprioritaskan yang menyedot banyak bandwith.

  1. Menggunakan Wi-Fi Repeater

Wi-Fi repeater bisa digunakan untuk menguatkan sinyal Wi-Fi jika titik poininternet tidak bisa menjangkau seluruh ruangan yang ada. Repeater berfungsi dalam menangkap sinyal Wi-Fi lalu memancarkan kembali sinyal yang telah ditangkap.

  1. Mencari Kanal yang Sesuai dengan Situasi Tempat Tinggal

Kanal router yang digunakan haruslah sesuai dengan kondisi tempat tinggal, apabila ditemukan kasus dimana kanal tetangga memiliki saluran kanal router yang sama dengan milik kita maka hal ini akan menjadi masalah untuk kualitas sinyal router. Masalah ini bisa diatasi dengan menggunakan tools gratis seperti inssider atau apps yang tersedia di market apps ataupun googleplay. Setelah berhasil menemukan kanal yang sepi atau kosong, maka kita bisa memilih kanal itu agar gangguan sinyal dapat dicegah serta terhindar dari sinyal yang lemah.

  1. Melindungi Wi-Fi dari Pencuri Sinyal Ilegal

Setelah semua cara di atas telah dilakukansatu persatu dan hasilnya tidaj kunjung berbuah, maka perlu patut dicurigai bahwa ada pencuri sinyal ilegal yang mencuri jaringan internet. Untuk mengatasinya kita perlu mengganti nama username dan password baru setiap 3-4 bulan agar si pencuri sinyal jera, dan cara selanjutnya kita bisa mengganti mode keamanan dengan WPA2 dan menggunakan password yang panjang dan rumit agar sulit untuk ditebak.

perkuat sinyal wifi

Dengan menggunakan cara-cara yang di atas setidaknya bisa mencegah dari adanya sinyal yang lemah dan memperkuat sinyal Wi-Fi untuk jangka waktu yang lama.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *